SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam boarding school bernaung dibawah Yayasan Ma’rifatussalaam, yang beralamat Jl. Manyeti No. 6 RT/RW 05/01 Kp. Cikadu Desa Manyeti, Kecamatan Dawuan, kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam merupakan Sekolah Islam berasrama yang mulai berjalan pada hari Ahad tanggal 1 Ramadhan 1435 H atau 29 Juni 2014 H.

SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam merupakan program unggulan Pesantren Tahfizhul Qur’an Ma’rifatussalaamdengan target 3 tahun hafal 20 juz. Adapun  kurikulum yang diterapkan adalah  kurikulum nasional dan kurikulum kepesantrenan yang berbasis pada pembetukkan karakter  (character building).

Untuk menyukseskan target 3 tahun hafal 20 juz serta standarisasi bacaan Al-Quran yang bersanad (tersambung bacaan qira’at Al-Qur’an sampai Rasulullah SAW), pesantren tahfizh ini  bekerjasama dengan lembaga internasional, yakni Holy Qur’an Memorization International (HQMI / Rabithah Ma’ahid Lit-Tahfizh al-Qur’an) yang merupakan lembaga dibawah Muslim World League yang berpusat di Saudi Arabia dengan pembimbingan dan pengawasan secara langsung di lapangan.

Kemudian pola asuh kehidupan santri di pesantren  diselaraskan dengan pola pembentukan  karakter yang terstruktur dan terukur, disamping berperan sebagai daya dukung suksesnya progam sekolah dan tahfizh al-Qur’an, juga sebagai media yang memudahkan bagi guru dan orang tua santri untuk melihat perkembangan kematangan karakter  santri secara berkala.

Tujuan SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam merupakan jabaran konseptual dari visi dan misi sekolah yaitu

  1. Santri memiliki aqidah yang benar dan taat beribadah
  2. Santri dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan hafal 20 Juz
  3. Santri berakhlak islami
  4. Santri Hafal hadits dan do’a pilihan
  5. Santri memiliki pola hidup teratur, bersih dan sehat
  6. Santri memiliki kemampuan akademis untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan yang berkualitas
  7. Santri memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
  8. Santri memiliki dasar-dasar keterampilan komputer
  9. Santri memiliki kemampuan berpikir dan sikap ilmiah
  10. Santri memiliki kemandirian dalam belajar
  11. Santri memiliki budaya membaca dan berwawasan global
  12. Santri lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan