November 10, 2016 img-20160721-wa0016

Memaknai Masa Orientasi Siswa (MOS)

Ibarat seorang ibu yang sedang mengandung, tentu perlu mempersiapkan kelahiran anaknya dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan sebuah sekolah yang akan menyambut kedatangan siswa baru, agar mereka masuk sekolah dengan perasaan gembira, optimis, tahu tentang apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, tahu dan mau menjalankan proses belajar dan menerima kebijakan apapun dari sekolah, singkatnya siswa memiliki orientasi yang jelas tentang sekolah yang ia pilih. Untuk mencapai tujuan itu maka dilaksanakanlah Masa Orientasi Siswa (MOS). Tujuannya adalah untuk mengenalkan siswa baru dengan kondisi sekolah, setiap kegiatan yang ada di MOS diarahkan kesana. Peran MOS sebagai pintu masuk di sebuah sekolah, maka MOS memiliki arti yang sangat penting. Mengingat langkah awal yang baik merupakan awal yang baik pula untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

MOS benar-benar menjadi masa membentuk karakter individu yang terintegrasi sejalan dengan visi dan misi sekolah. Ini bisa dilakukan mulai dengan latihan dan penanaman sikap disiplin diri, tanggung jawab, mengenali potensi diri, menemukan motivasi diri dalam belajar dan  melatih kepekaan agama dan sosial. Jenis kegiatannya bisa berfariasi sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Untuk memotivasi siswa dan menanamkan rasa kebanggaan terhadap sekolah yang telah dipilihnya, bisa dilakukan dengan mendatangkan kaka kelas atau alumni yang berprestasi baik dibidang akademik, untuk menceritakan pengalaman perjuangan mereka, sehingga mendorong siswa baru untuk lebih berprestasi untuk masa depan.

Dengan tujuan/sasaran yang jelas maka siswa bisa lebih fokus dalam belajar, sehingga siswa benar-benar berkembang dan meraih cita-citanya, juga berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *