November 18, 2016 best-akhwat

Masa Kampanye BEST SMP Al-Qur’an Ma’rifatssalam Periode 2016-2017

Seperti pada sekolah umumnya setiap sekolah memiliki Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Begitupun dengan pesantren SMP Al-Qur’an  Ma’rifatussalam juga memiliki organisasi seperti OSIS yang di sebut dengan BEST (Badan Eksekutif Santri Terpadu). Organisasi ini sebagai kehidupan berkelompok siswa yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini BEST di pandang sebagai suatu sistem, di mana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi yang mampu mencapai tujuan. Oleh karena BEST sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok, yaitu:

  • Berorientasi pada tujuan
  • Memiliki susunan kehidupan berkelompok
  • Memiliki sejumlah peranan
  • Terkoordinasi
  • Berkelanjutan dalam waktu tertentu

Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian BEST sebagai suatu organisasi memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagagai Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

  • Sebagai Preventif

Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal BEST dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal BEST mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif BEST ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif BEST akan terwujud apabila fungsi BEST sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

Hari senin kemarin tanggal 14 november 2016 telah di adakan kampanye pemilihan calon Presiden BEST akhwat periode 2016-2017. Dengan sambutan yang dibawakan oleh kepala sekolah SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalam yaitu ibu Ade Irmawati, S.Pd dengan harapan kepada calon Presiden BEST yang baru mampu memberi teladan dan contoh yang baik kepada teman-temannya, mampu memberi motivasi, dan di harapkan mampu membuat program yang selama ini tidak berjalan.

Menurut Presiden BEST akhwat yaitu Rif’ah Muhasanah  yang sebentar lagi akan SERTIJAB (Serah Terima Jabatan) kepada calon Presiden BEST yang baru, BEST mempunyai peran penting pada kegiatan-kegiatan yang diadakan. BEST pula yang menjadikan sistem kinerja menjadi lebih efektif, seperti peraturan dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi juga merupakan campur tangan BEST. Cara pemilihan BEST pun tidak main-main. Pemilihan diambil dari suara terbanyak seluruh murid dan guru-guru. Adapun kriteria calon Presiden BEST yaitu dilihat dari jumlah hafalan, nilai akademik, akhlak, dan kepribadian.

Berikut 5 calon Presiden BEST akhwat yang terpilih tahun periode 2016-2017:

  1. Jilan Shalawah Al-Pasha, dengan jumlah hafalan 9 juz, dan visi nya akan menerapkan sistem One Day One Juz (ODOJ). Dengan harapan agar santri terbiasa tilawah Al-Qur’an sehari minimal 1 juz.
  2. Safira Luthfiatus Sholihah, dengan jumlah hafalan 5 juz, dan visi nya yaitu SANGKURIANG (Sangat Akur Dan Riang). Dengan harapan bisa mempererat Ukhuwah antar teman dan angkatan.
  3. Khadijah Rahma Khairinanov, dengan jumlah hafalan 3 juz, dan visi nya yaitu FASTABIQUL KHAIRAT (Berlomba-lombalah Dalam Kebaikan). Dengan harapan santri bisa berlomba-lomba dalam setiap kebaikan.
  4. Aisyah Lubabatunnawa, dengan jumlah hafalan 9 juz, dan visi nya yaitu menanamkan rasa MALU agar santri bisa menjaga akhlaknya sebagai seorang akhwat yang sholehah seperti menjaga suaranya, pandangannya, dan lain sebagainya.
  5. Nabilah Rohadatul Aisy, dengan jumlah hafalan 5 juz, dan visi nya yaitu mampu membuat santri Berakhlak Qura’ni yang diajarkan sesuai syari’at islam.

Demikianlah ke-5 calon Presiden BEST akhwat tahun periode 2016-2017. Massa kampanye berakhir sampai hari kamis tanggal 17 november 2016, dan pemilihan Presiden BEST akhwat akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 november 2016.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *